Rabu, 25 Desember 2013



                                                     ANALISIS SWOT
 KEBERMANFAATAN TIK TERHADAP PAUD “ANAK CERDAS” SEBAGAI LEMBAGA PLS
DALAM MENGEMBANGKAN ANAK USIA DINI

                
                  INTERNAL


   EKSTERNAL
KEKUATAN (STRENGTHS)


     1.  Memiliki SDM yang berkualitas termasuk di bidang TIK
     2.  Adanya fasilitas memadai khususnya di bidang TIK yaitu laboratorium computer dan multimedia
     3. Ketersediaan jaringan internet
           4. Program pembelajaran yang edukatif dan variatif
     5. Memiliki visi dan misi yang jelas, menarik,dan bermutu dalam rangka pengembangan anak usia dini
KELEMAHAN (WEAKNESSES)

         1. Minimnya jumlah tenaga didik / SDM
         2. Tidak memiliki lembaga cabang

PELUANG ( OPPORTUNITIES)
           1. Teknologi informasi dan komunikasi memudahkan segala akses kebutuhan lembaga yang berkaitan dengan pusat
  .      2. Teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan penyediaan dan kualitas data dan informasi PAUD tersebut

     3.Meningkatkan minat stakeholder / mitra kerja pada lembaga dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan anak usia dini
          4. Banyak kesempatan pembelajaran dan pelatihan-pelatihan bagi tenaga didik PAUD , baik secara konvensional maupun non konvensional
S1-O1 : Maksimalkan pemanfaatan SDM di bidang TIK dalam melakukan berbagai akses kebutuhan PAUD  yang berkaitan dengan pusat
S1-O2 : Mendayagunakan SDM yang sudah berkualitas tersebut dalam pemanfaatan TIK untuk meningkatkan penyediaan dan kualitas data dan informasi PAUD
S1-O3: Memanfaatkan SDM semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu lembaga agar minat stakeholder /  mitra kerja pada lembaga dalam menyelenggarakan pengembangan anak-anak juga meningkat
S3-O1: Manfaatkan ketersediaan jaringan internet untuk mempermudah pemenuhan segala akses kebutuhan PAUD yang berkaitan dengan pusat
S3-O2 : Manfaatkan ketersediaan jaringan internet sebagai bentuk pemanfaatan internet untuk meningkatkan penyediaan dan kualitas data dan informasi PAUD tersebut
S3-O3 : Manfaatkan ketersediaan jaringan internet untuk memudahkan stakeholder / mitra kerja bekerja sama dengan PAUD dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan anak usia dini
S3-O4 : Manfaatkan ketersediaan jaringan internet untuk mengikuti pelatihan-pelatihan tenaga kependidikan PAUD
S5-O3 : Realisasikan  visi dan misi dengan konsisten untuk menigkatkan minat stakeholder / mitra kerja pada lembaga dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan anak usia dini
W1-O2 : Dibuka penerimaan SDM barubagi PAUD dengan kualifikasi tertentu, misal minimal S1dan punya kemampuan dalam teknologi informasi dan komunikasi, agar penanganan penyediaan dan kualitas data dan informasi PAUD tersebut dapat meningkat cepat
W1-O4 : Dibuka program magang tenaga didik PAUD dan diwajibkan memanfaatkan berbagai pembelajaran dan pelatihan tenaga didik bagi PAUD secara konvensional maupun non konvensional
W2-O3 : Mendirikan cabang-cabang PAUD  “Anak Cerdas” di daerah lain supaya jumlah stakeholder atau mitra kerja PAUD juga meningkat dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan anak usia dini














ANCAMAN (THREATS)
          1. Minimnya minat masyarakat (orang tua) terhadap lembaga dikarenakan biaya administrasi dan pendidikannya yang cukup mahal

         2. Banyaknya PAUD yang tersebar di daerah Semarang

      3.  Tuntutan masyarakat (orang tua) agar putranya selalu mengikuti perkembangan IPTEK yang begitu cepat

S1-T3 : SDM terus melakukan pelatihan baik sebagai objek yang dilatih maupun sebagai trainer dan terus mengikuti perkembangan IPTEK yang ada
S2-T1 : Kembangkan berbagai fasilitas yang sudah ada itu untuk menciptakan anak-anak yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, dan berprestasi sehingga memperbaiki mindset orang tua bahwa pendidikan akan berjalan dengan baik dan lancar apabila ada fasilitas yang memadai dan menarik minat masyarakat (orang tua) untuk mendidik putranya di PAUD “Anak Cerdas”
S2-T3 : Manfaatkan fasilitas yang ada terutama laboratorium computer dan multimedia untuk memenuhi tuntutan masyarakat agar putra putrid mereka senantiasa dapat mengikuti perkembangan IPTEK yang berlangsung
S3-T3 : Manfaatkan ketersediaan jaringan internet untuk memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat atas tuntutannya bahwa putra putrid mereka harus senantiasa mengikuti perkembangan IPTEK yang berlangsung
S4-T2 : Kembangkan kembali berbagai program pembelajaran yang edukatif dan variatif agar memiliki cirri khas jika dibanding PAUD lain yang tersebar di Semarang
S5-T1 : Publikasikan visi dan misi yang dibuat dengan menarik agar dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap PAUD tersebut
W1-T3 : Tingkatkan jumlah tenaga didik / SDM yang berkualitas khususnya di bidang TIK untuk memenuhi tuntutan masyarakat (orang tua) agar putranya selalu mengikuti perkembangan IPTEK
W2-T1 : Banguncabang PAUD “Anak Cerdas” di beberapa daerah agar meminimalisir biaya tambahan selain biaya administrasi dan pendidikan , seperti biaya transportasi sehingga kesempatan meningkatnya minat orang tua lebih besar jika disbanding tanpa adanya cabang lembaga
W2-T2 : Bangun cabang PAUD “AnakCerdas” di beberapa daerah Semarang agar dapat mengikuti perkembangan PAUD lain sebagai standardisasi PAUD “Anak Cerdas” dan mengikuti persaingan yang ada serta memperluas pempublikasian eksistensi PAUD “Anak Cerdas”



0 komentar:

Posting Komentar