ANALISIS SWOT
KEBERMANFAATAN TIK TERHADAP PAUD “ANAK CERDAS”
SEBAGAI LEMBAGA PLS
DALAM
MENGEMBANGKAN ANAK USIA DINI
INTERNAL
EKSTERNAL
|
KEKUATAN
(STRENGTHS)
1. Memiliki SDM yang berkualitas termasuk di bidang
TIK
2. Adanya fasilitas memadai khususnya di bidang TIK
yaitu laboratorium computer dan multimedia
3. Ketersediaan jaringan internet
4. Program pembelajaran yang edukatif dan variatif
5. Memiliki visi dan misi yang jelas, menarik,dan bermutu
dalam rangka pengembangan anak usia dini
|
KELEMAHAN
(WEAKNESSES)
1. Minimnya jumlah tenaga didik / SDM
2. Tidak memiliki lembaga cabang
|
PELUANG
( OPPORTUNITIES)
1. Teknologi informasi dan komunikasi memudahkan segala
akses kebutuhan lembaga yang berkaitan dengan pusat
.
2. Teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan
penyediaan dan kualitas data dan informasi PAUD tersebut
3.Meningkatkan minat stakeholder / mitra kerja pada lembaga
dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan anak usia dini
4. Banyak kesempatan pembelajaran dan pelatihan-pelatihan
bagi tenaga didik PAUD , baik secara konvensional maupun non konvensional
|
S1-O1
: Maksimalkan pemanfaatan SDM di bidang TIK dalam melakukan berbagai akses kebutuhan
PAUD yang berkaitan dengan pusat
S1-O2
: Mendayagunakan SDM yang sudah berkualitas tersebut dalam pemanfaatan TIK
untuk meningkatkan penyediaan dan kualitas data dan informasi PAUD
S1-O3:
Memanfaatkan SDM semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu lembaga agar
minat stakeholder / mitra kerja pada lembaga
dalam menyelenggarakan pengembangan anak-anak juga meningkat
S3-O1:
Manfaatkan ketersediaan jaringan internet untuk mempermudah pemenuhan segala akses
kebutuhan PAUD yang berkaitan dengan pusat
S3-O2
: Manfaatkan ketersediaan jaringan internet sebagai bentuk pemanfaatan
internet untuk meningkatkan penyediaan dan kualitas data dan informasi PAUD
tersebut
S3-O3
: Manfaatkan ketersediaan jaringan internet untuk memudahkan stakeholder /
mitra kerja bekerja sama dengan PAUD dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan
anak usia dini
S3-O4
: Manfaatkan ketersediaan jaringan internet untuk mengikuti pelatihan-pelatihan
tenaga kependidikan PAUD
S5-O3
: Realisasikan visi dan misi dengan konsisten
untuk menigkatkan minat stakeholder / mitra kerja pada lembaga dalam menyelenggarakan
pendidikan dan pengembangan anak usia dini
|
W1-O2
: Dibuka penerimaan SDM barubagi PAUD dengan kualifikasi tertentu, misal
minimal S1dan punya kemampuan dalam teknologi informasi dan komunikasi, agar
penanganan penyediaan dan kualitas data dan informasi PAUD tersebut dapat meningkat
cepat
W1-O4
: Dibuka program magang tenaga didik PAUD dan diwajibkan memanfaatkan berbagai
pembelajaran dan pelatihan tenaga didik bagi PAUD secara konvensional maupun
non konvensional
W2-O3
: Mendirikan cabang-cabang PAUD “Anak Cerdas”
di daerah lain supaya jumlah stakeholder atau mitra kerja PAUD juga meningkat
dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan anak usia dini
|
ANCAMAN
(THREATS)
1. Minimnya minat masyarakat (orang tua) terhadap lembaga
dikarenakan biaya administrasi dan pendidikannya yang cukup mahal
2. Banyaknya PAUD yang tersebar di daerah Semarang
3.
Tuntutan masyarakat (orang tua) agar putranya selalu
mengikuti perkembangan IPTEK yang begitu cepat
|
S1-T3
: SDM terus melakukan pelatihan baik sebagai objek yang dilatih maupun sebagai
trainer dan terus mengikuti perkembangan IPTEK yang ada
S2-T1
: Kembangkan berbagai fasilitas yang sudah ada itu untuk menciptakan anak-anak
yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, dan berprestasi sehingga memperbaiki
mindset orang tua bahwa pendidikan akan berjalan dengan baik dan lancar apabila
ada fasilitas yang memadai dan menarik minat masyarakat (orang tua) untuk mendidik
putranya di PAUD “Anak Cerdas”
S2-T3
: Manfaatkan fasilitas yang ada terutama laboratorium computer dan multimedia
untuk memenuhi tuntutan masyarakat agar putra putrid mereka senantiasa dapat mengikuti
perkembangan IPTEK yang berlangsung
S3-T3
: Manfaatkan ketersediaan jaringan internet untuk memberikan pelayanan yang
baik pada masyarakat atas tuntutannya bahwa putra putrid mereka harus senantiasa
mengikuti perkembangan IPTEK yang berlangsung
S4-T2
: Kembangkan kembali berbagai program pembelajaran yang edukatif dan variatif
agar memiliki cirri khas jika dibanding PAUD lain yang tersebar di Semarang
S5-T1
: Publikasikan visi dan misi yang dibuat dengan menarik agar dapat meningkatkan
minat masyarakat terhadap PAUD tersebut
|
W1-T3
: Tingkatkan jumlah tenaga didik / SDM yang berkualitas khususnya di bidang
TIK untuk memenuhi tuntutan masyarakat (orang tua) agar putranya selalu mengikuti
perkembangan IPTEK
W2-T1
: Banguncabang PAUD “Anak Cerdas” di beberapa daerah agar meminimalisir biaya
tambahan selain biaya administrasi dan pendidikan , seperti biaya transportasi
sehingga kesempatan meningkatnya minat orang tua lebih besar jika disbanding tanpa
adanya cabang lembaga
W2-T2
: Bangun cabang PAUD “AnakCerdas” di beberapa daerah Semarang agar dapat mengikuti
perkembangan PAUD lain sebagai standardisasi PAUD “Anak Cerdas” dan mengikuti
persaingan yang ada serta memperluas pempublikasian eksistensi PAUD “Anak Cerdas”
|
0 komentar:
Posting Komentar